Persib Bandung
Persib Bandung
0 - 1
Full Time
Piala Presiden 2018
26 Januari 2018, 19.30 WIB
Stadion Gelora Bandung Lautan Api
PSM Makassar
59' Bruce Djite

Review: PERSIB Dikalahkan PSM di Laga Pamungkas

Jumat, 26-01-2018 22:19
Febri Hariyadi © PERSIB.co.id/Rivan Mandala
 
PERSIB kalah 0-1 dari PSM Makassar pada laga terakhir Grup A Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Jumat, 26 Januari 2018. Gol kemenangan PSM dicetak Bruce Djite.

Sepanjang babak pertama, Maung Bandung tampil ofensif dengan sejumlah peluang tercipta, termasuk yang didapat Victor Igbonefo di pengujung babak pertama

Kedua tim memulai pertandingan dengan agresivitas tinggi. PSM Makassar tak membiarkan Febri Hariyadi bergerak bebas di sektor sayap kiri. PERSIB masih menguasai permainan, termasuk saat melancarkan serangan dari sayap kanan melalui kerjasama Supardi Nasir Bujang dan Henhen Herdiana.

PSM mengandalkan serangan balik dengan Zulham Malik Zamrun sebagai sasaran umpan jauh. Ancaman pertama dari PSM melalui Bruce Djite. Namun, sepakan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih bisa dihalau Muhammad Natshir.

Pada menit ke-19, Febri mendapat peluang hasil umpan terobosan Oh In-Kyun. Namun, ia kehilangan momentum untuk menuntaskan kesempatan itu. Ancaman juga diberikan In-Kyun, tapi tembakannya masih melambung.

Zulham balik menekan di menit ke-28. Ia mendapat umpan jauh dari belakang dan mengecoh Henhen yang mengejarnya dari belakang. Bola ditembakan mengarah ke gawang. Tapi Natshir masih sigap mengamankan bola.

‎Airlangga harus mendapat kartu kuning usai melanggar pemain PSM dari belakang di menit ke-32. Meski begitu, kartu kuning itu tak menurunkan daya jelajahnya di lini depan.

Memasuki menit-menit akhir babak pertama, PERSIB mendapat kesempatan dari tendangan bebas. Namun, Igbonefo sudah lebih dulu off-side.

Asnawi Mangkualam melakukan pelanggaran keras kepada In-kyun dan diganjar kartu kuning di menit ke-46. ‎Tak lama, PERSIB mendapat peluang on target melalui Igbonefo. Namun bola bisa ditangkap kiper Rivki Mokodompit. Hingga peluit tanda babak pertama ditiupkan, skor masih imbang PERSIB 0-0 PSM.

Memasuki babak kedua PSM melakukan sejumlah pergantian. Rasyid Bakri dan M. Rahmat masuk menggantikan Arfan dan Arsyad Yugiantoro‎. Masuknya Rahmat sendiri langsung memberikan dampak di sektor sayap kiri.

Di babak kedua, PSM mulai bermain lebih menyerang. Kans pertama didapat Juku Eja dari tendangan bebas Zulham Zamrun di menit ke-51. Eks PERSIB itu menyodorkan bola pendek kepada Bruce yang lantas melanjutkannya menjadi sepakan keras ke dalam gawang.

Tak berselang lama, PERSIB melancarkan serangan balik namun dihentikan handsball Zulkifli Syukur. Tanpa ragu, wasit langsung mengganjarnya dengan kartu kuning.

Kartu kuning kedua didapat Zulkifli di menit ke-54, kali ini dilakukannya dengan melanggar Febri dari belakang. Reaksi cepat dilakukan, pelatih Robert Rene Alberts pun menarik Zulham dengan digantikan Hasyim Kipuw.

‎Pada menit ke-59, Djite membawa PSM unggul melalui sepakan mendatar di dalam kotak penalti.

PERSIB mencoba bangkit dengan memanfaatkan Febri di sisi kiri. Tapi sepakannya dari pinggir kotak bisa diamankan Rivki.

Penyegaran di lini tengah PERSIB, Gian Zola masuk di menit ke-64 menggantikan Eka Ramdani. Tertinggal 0-1, PERSIB masih bermain ofensif dari segala penjuru. Di menit ke-71, pelatih kepala Roberto Carlos Mario Gomez kembali melakukan pergantian, Billy Keraf masuk untuk menggantikan Hariono.

Di sepuluh menit terakhir, PERSIB masih mencari gol dengan memanfaatkan tenaga-tenaga segar. Dedi Kusnandar juga dimasukkan untuk mengganti Oh In-Kyun untuk lebih menguasai lini tengah.

Pelanggaran dilakukan Tony terhadap Saldi di menit ke-85 yang menghasilkan kartu kuning untuk pemain bernomor punggung 6 tersebut. ‎Sementara, PERSIB harus kehilangan Victor Igbonefo karena cedera di saat kesempatan pergantian sudah habis.

Bruce mendapat peluang di dalam kotak di menit ke-88 tapi sepakannya masih bisa diblok oleh M. Natshir. PERSIB membalas melalui Gian Zola tapi bola bisa ditepis oleh Rivki Mokodompit. Hingga pertandingan usai, skor PERSIB 0-1 PSM Makassar tetap tak berubah.

Dengan hasil ini, PERSIB dipastikan menempati posisi ketiga Grup A Piala Presiden 2018 dengan raihan tiga angka dan selisih gol (-2) sekaligus menghentikan langkahnya di turnamen Piala Presiden‎. Sama halnya PERSIB, PSM gagal melangkah ke Perempat-Final karena hanya mengumpulkan tiga poin (-3).

2018

3

Pertandingan dimainkan

1

Menang

1

Gol

12

Shot On Target

7

Kartu Kuning

0

Imbang

3

Kemasukan

30

Shot Off Target

0

Kartu Merah

2

Kalah

1

Clean Sheet

25747

Penonton di Kandang