Masseur Sutisna © PERSIB.co.id/M. Jatnika Sadili

lebih dekat
Kamis, 30-08-2018 22:09 WIB

Masseur Sosok Penting di Balik Sukses PERSIB

Di balik keberhasilan PERSIB menjadi pemuncak klasemen sementara Go-Jek Liga 1 2018, ada jasa orang-orang yang mendukung performa pemain. Salah satunya adalah masseur tim, Tatang Sutisna.

Sosok pria yang karib disapa Aki Entis ini tak banyak diketahui orang. Dengan keahlian jari-jemarinya dia memulihkan stamina pemain untuk tetap dalam posisi siap bertanding.

Hampir 10 musim Aki Entis menjalani pekerjaannya bersama Maung Bandung. Ahli pijat yang pernah menjadi bagian Tim Nasional Indonesia tersebut mengaku menikmatinya. Dia selalu siap bekerja sebelum dan sesudah atlet berlatih maupun bertanding. 

"Kalau dirasa pasti cape. Sebelum latihan atau main suka ada pemain yang ingin dipijat, begitu juga setelahnya. Tapi, saya menikmati itu, bekerja untuk tim kebanggaan," kata Aki Entis, Kamis 29 Agustus 2018.

Biasanya, pria yang sudah menginjakan kaki di lebih dari 10 negara melalui sepakbola ini memberikan perawatan pijatan agar otot pemain lentur. Hal itu guna mencegah kejang otot atau hanya sebagai relaksasi supaya tubuh lebih nyaman.

Biasanya mereka bekerja sejak pagi dan baru akan selesai malam hari saat pemain beristirahat. Meskipun mayoritas padat menjelang pertandingan dan sesudahnya, Aki Entis pun akan selalu siap setiap harinya. 

"Kalau libur seperti kemarin juga harus tetap siap. Biasanya pemain yang ada di Bandung suka menghubungi dan minta saya pijit," ucapnya.

Dia mengaku kerja kerasnya terbayar saat kemenangan diraih Maung Bandung. Sebaliknya, saat tim menelan kekalahan akan begitu sedih karena usahanya dirasa belum maksimal.

"Jadi saya ingin selalu maksimal buat pemain supaya main baik dan menang. Karena kalau kalah sakit sekali (sedih)," ungkap Aki Entis.

PERSIB.co.id
berita harian
PERSIB U-19 Siap Hadapi Persija di Final
PERSIB akan menghadapi Persija Jakarta pada pertandingan final Liga 1 U-19 2018
Jumat, 16-11-2018 22:20 WIB
berita harian
Ratusan Bobotoh Sambut Kedatangan PERSIB di Yogyakarta
Kedatangan rombongan disambut sekitar 100 bobotoh
Jumat, 16-11-2018 20:43 WIB
berita harian
Bobotoh Diimbau Tak ke Stadion Mochamad Soebroto
Kapolda Jawa Tengah, Kombes Pol Drs. Hariyanto, S.H., M.Hum mengimbau bobotoh untuk tidak memaksakan diri datang ke Stadion Moch. Soebroto Magelang
Jumat, 16-11-2018 20:03 WIB