Para penggawa PERSIB menjalani offisial training di kandang Perseru©PERSIB.co.id

berita harian
Kamis, 12-07-2018 10:10 WIB

Menanti Hadirnya Gol Pemain Lokal

Hingga menginjak pekan ke-15 atau 13 kali bertanding di kompetisi Go-Jek Liga 1 2018, PERSIB sudah berhasil membukukan 19 gol sejak ajang ini digelar. Tiga legiun asing merupakan aktor protagonis dari seluruh koleksi gol Maung Bandung hingga saat ini. Ezechiel N'douassel dengan 12 gol, Jonathan Jesus Bauman 5 serta Oh-Inkyun dua gol.

Itu artinya, lebih dari separuh gol Maung Bandung diciptakan oleh sang juru gedor asal Chad tersebut. Terakhir, pemain yang mulai dijuluki Si Dinosaurus itu menyumbangkan satu gol  saat jumpa PSIS Semarang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu 8 Juli lalu.

Faktanya, hingga kini belum ada pemain lokal di PERSIB yang mampu mencatatkan namanya di papan skor. Sejauh ini hanya trio asing tersebut yang menguasai "divisi produksi" gol Maung Bandung.

Berita buruknya, jelang laga kontra Perseru di Stadion Marora, Kepulauan Yapen, Serui, Kamis 12 Juli sore nanti, PERSIB harus kehilangan ketiga pemain tersebut. Eze, Bauman serta In-Kyun terpaksa absen karena masing-masing problem yang dijalaninya. Ini kali pertama ketiga pemain asing tersebut absen secara bersamaan dalam satu pertandingan.

Di satu sisi, ini tantangan besar bagi pelatih Mario Gomez. Bukan perkara mudah baginya untuk meracik strategi tanpa kehadiran pemain andalannya. Kita patut menantikan formula baru apa yang diramu pelatih asal Argentina tersebut. Kapasitas seorang Gomez pun diuji.

Di sisi lain, hilangnya ketiga pemain tersebut justru membuka peluang bagi pemain lain untuk mencatatkan namanya sebagai donatur gol yang baru. Ini yang sangat dinantikan. Bobotoh pasti sudah tidak sabar, siapa pemain berikutnya yang bisa merobek jala lawan.

Tanpa sedikitpun mengurangi makna dari istilah "bola itu bundar", pemain lokal sepertinya berpotensi lebih besar menciptakan skor di pertandingan nanti. Sebab, dari posisi lini tengah hingga  depan, sektor terdekat ke gawang lawan, komposisi pemain Maung Bandung akan dikuasai oleh para pemain asli Indonesia. Tapi, kembali ke prinsip bola itu bundar. Semua bisa saja terjadi, bisa saja gol datang dari kaki bek atau bahkan dari kiper sekalipun.

Lokal atau asing, Bobotoh hanya menanti pencetak gol di luar ketiga pemain di atas tadi. Penyerang atau gelandang, gelandang atau pemain belakang, pemain belakang atau penjaga gawang, whatever! Kita hanya menantikan pencetak gol berikutnya atau pemain keempat musim ini. Hanya sampai pemain keempat? Tentu tidak, toh. Mereka sudah pasti berharap ada pemain kelima, keenam, ketujuh, kedelapan, kesembilan, kesepuluh, kesebelas dan seterusnya sebagai penyumbang gol.

Lalu, siapakah pemain baru yang akan mencetak gol pada pertandingan yang akan dihelat pukul 15.30 WIT atau 13.30 WIB nanti? Patut kita nantikan.***

PERSIB.co.id
berita harian
Susunan Pemain PERSIB Vs Barito, Wanggai Berpeluang Debut
Patrich Wanggai berpeluang melakoni debut bersama PERSIB pada laga pekan ke-17 Go-Jek Liga 1, kontra Barito Putera.
Minggu, 22-07-2018 17:30 WIB
berita harian
Ganiar Akui Timnya Kalah Kualitas dari Persibat
Kapten Maung Anom, Ganiar Latif menyatakan timnya mendapat pelajaran penting dari pertandingan Piala Indonesia 2018 kontra Persibat Batang.
Minggu, 22-07-2018 16:04 WIB
berita harian
Kapten Persibat Puji Daya Juang Maung Anom
Kapten Persibat Batang, Arif Budiyono memuji daya juang para penggawa Maung Anom di babak 128 besar Piala Indonesia 2018.
Minggu, 22-07-2018 15:19 WIB